1.
Pengertian E-Business
Pengertian e-Business atau definisi e-business adalah kegiatan bisnis yang
dilakukan secara otomatis dan semiotomatis dilakukan dengan menggunakan
teknologi elektronik. E-business memungkinkan suatu perusahaan untuk
berhubungan dengan sistem pemrosesan data internal dan eksternal secara lebih
efisien dan fleksibel. E-business juga banyak dipakai untuk berhubungan dengan
suplier dan mitra bisnis perusahaan, serta memenuhi permintaan dan melayani
kepuasan pelanggan secara lebih baik.
E-business berkaitan secara
menyeluruh dengan proses bisnis termasuk value chain: pembelian secara
elektronik (electronic purchasing), manajemen rantai suplai (supply chain
management), pemrosesan order elektronik, penanganan dan pelayanan kepada
pelanggan, dan kerja sama dengan mitra bisnis. E-business memberi kemungkinan
untuk pertukaran data di antara satu perusahaan dengan perusahaan lain, baik
lewat web, Internet, intranet, extranet atau kombinasi di antaranya.
2.
Pengertian E-Commerce
Pengertian E-Commerce atau definisi e-commerce adalah kegiatan
komersial dengan penyebaran, pembelian, penjualan, pemasaran barang dan jasa
melalui sistem elektronik seperti internet atau televisi, www, atau jaringan
komputer lainnya. E-commerce dapat melibatkan transfer dana elektronik,
pertukaran data elektronik, sistem manajemen inventori otomatis, dan sistem
pengumpulan data otomatis.
Kegiatan e-commerce ini
sebagai aplikasi dan penerapan dari e-bisnis (e-business) yang berkaitan dengan
transaksi komersial, seperti: transfer dana secara elektronik, SCM (supply
chain management), e-pemasaran (e-marketing), atau pemasaran online (online
marketing), pemrosesan transaksi online (online transaction processing),
pertukaran data elektronik (electronic data interchange /EDI), dll.
3. Manfaat E-Business dan E-Commerce
A. Manfaat E-Business
Manfaat yang
didapat atau manfaat dari e business itu sebagai berikut :
a.
Memperluas pasar hingga mencakup pasar nasional dan pasar global,
sehingga
perusahaan bisa menjangkau lebih banyak pelanggan, memilih pemasok
terbaik, dan menjalin relasi dengan mitra bisnis yang dinilai paling cocok.
b.
Menekan biaya menyusun, memproses, mendistribusikan, menyimpan, dan
mengakses informasi berbasis kertas (paperbased information).
c.
Memungkinkan perusahaan untuk menerapkan mass customization terhadap
produk dan jasanya.
d.
Menekan waktu antara pembayaran dan penerimaan produk/jasa.
e.
Meningkatkan produktivitas karyawan melalui rekayasa ulang proses
bisnis.
B.
Manfaat E-Commerce
Secara umum e-commerce merupakan aktivitas perdagangan melalui media
internet. Manfaatnya dan keuntungannya banyak sekali yang dapat dihasilkan,
antara lainnya :
1. Manfaat
e-commerce bagi konsumen :
a.
Electronic commerce memungkinkan pelanggan untuk berbelanja atau melakukan transaksi lain
selama 24 jam sehari sepanjang tahun dari hamper setiap lokasi.
b.
Electronic commerce memberikan lebih banyak pilihan kepada pelanggan
mereka bisa memilih berbagai produk dari banyak vendor.
c.
Electronic commerce menyediakan produk-produk dan jasa yang tidak mahal
kepada pelanggan dengan cara mengunjungi banyak tempat dan melakukan
perbandingan secara cepat.
d.
Dalam beberapa kasus, khususnya pada produk-produk yang digitized,
electronic commerce menjadikan pengiriman menjadi sangat cepat.
e.
Pelanggan bisa menerima informasi relevan secar detail dalam hitungan
detik, bukan lagi menjadi hari.
2.
Manfaat e-commerce bagi masyarakat :
a.
Electronic commerce memungkinkan orang untuk bekerja didalam rumah dan
tidak banyak keluar untuk berbelanja, akibatnya ini akan menurunkan arus
kepadatan lalu lintas di jalan serta mengurangi polusi udara.
b.
Electronic commerce memungkinkan sejumlah barang dagangan dijual dengan
harga lebih rendah,sehingga orang yang kurang mampu bisa membeli lebih banyak
dan meningkatkan taraf hidup mereka.
c.
Electronic commerce memungkinkan orang di Negara-negara dunia ketiga dan
wilayah pedesaan untuk menikmati aneka produk dan jasa yang akan susah mereka
dapatkan tanpa Electronic commerce. Ini juga termasuk peluang untuk belajar
berprofesi serta mendapatkan gelar akademik.
d.
Electronic commerce memfasilitsi layanan public, seperti perawatan
kesehatan, pendidikan, dan pemerataan layanan sosial yang dilaksanakan
pemerintah dengan biaya yang lebih rendah, dan atau dengan kualitas yang lebih
baik. Layanan perawatan kesehatan, misalnya bisa menjangkau pasien daerah
pedesaan.
3.
Manfaat e-commerce bagi bisnis :
a.
Perusahaan-perusahaan dapat menjangkau pelanggan diseluruh dunia. Oleh
karena itu dengan memperluas bisnis mereka, sama saja dengan meningkatkan
keuntungan.
b.
E-commerce menawarkan pengurangan sejumlah biaya tambahan. Sebuah
perusahaan yang elakukan bisnis diinternet akan mengurangi biaya tersebut tidak
digunakan untuk gedung dan pelayanan pelanggan (customer service), jika
dibandingkan dengan jenis bisnis tradisional.
Sumber :
Tidak ada komentar:
Posting Komentar