Jumat, 03 Juni 2016

Pengukuran Web

Pengukuran Web
Di bawah ini ada beberapa tools yang digunakan untuk mengeukur website dari segi kecepatan akses dan performanya, serta mengukut banyaknya pengunjung suatu website, berikut ini penjelasan mengenai beberapa tools yang digunakan untuk mengukur kecepatan akses website.
Tools-tools pengukur analisis web :
  • SEO (Search Engine Optimization) adalah mengoptimalkan sebuah blog/web dengan memanfaatkan mesin pencari dan mendapatkan peringkat yang tinggi di halaman pertama mesin pencari dengan menggunakan keyword agar dibanjiri pengunjung yang datang dari search engine.
  • GTmetrix merupakan sebuah situs dimana kita dapat mengetahui berbagai hal yang membuat blog/web kita lambat dan performa blog/web ketika akses, tersedia secara gratis dengan mengunakan yahoo Yslow dan Google page speed sebagai mesin penganalisa dan menampilkan hasil juga rekomendasi yang harus dilakukan.
Kelebihan dari GTmetrix :
  1. dapat membandingkan beberapa URL secara bersamaan.
  2. dapt menjadwalkan pengecekan web/blog secara otomatis dan dapat menyimpan laporan.
kekurangan dari GTmetrix :
Dalam penggunaan GTmetrix harus menggunakan koneksi internet yang cepat.
  • Keynote Internet Testing Environment (KITE)
  • Alat pengujian dan pengukur berbasis desktop yang digunakan untuk merekam atau mengedittransaksi web dan menganalis kinerja dari aplikasi web. KITE sangat mudah untuk digunakan dan sebagai salah satu alat yang sudah cukup terkenal didunia.
  • CloudStatus
CloudStatus adalah alat pengukur web yang berfungsi menelusuri kinerja utama dari layanan-layanan cloud computing. CloudStatus terdiri dari 5 layanan dasar yang ditawarkan oleh amazon, dan memiliki kemampuan monitoring yang lebih baik.
  • Jiffy
jiffy tersedia secara bebas(open source). Cara kerja jiffy adalah dengan memasukan kode jiffy ke dalam halamanhalaman web yang akan di telusuri. Dengan jiffy kita dapat mengukur page rendering times, melaporkan hasil pengukuran dari web server, aggregate log into database, dan membuat laporan-laporan.
Pembasan berikutnya tentang bagaimana sebuah web perlu dianalisis , yaitu :
1. membantu mengetahui nilai yang akan didapat dari suatu web maupun blog
2. membantu memantau beberapa lama pengunjung yang membuka situs web tersebut
3. membantu mengoptimalkan situs web dalam hal penampilan dan menambah informasi.  
Sumber :
https://elsietelibertador76.wordpress.com/tag/pengukuran-web/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar