Jumat, 15 April 2016

Pengertian Search Engine

Pengertian Search Engine

Search Engine / Mesin pencari Internet merupakan gudang segala jenis informasi yang tidak terbatas. Beragam informasi disimpan di internet. Informasi yang begitu lengkap dan sangat banyak memberi keuntungan, sehingga kita bisa mendapatkan informasi apapun yang kita butuhkan. Namun di satu sisi, beragamnya informasi dalam jumlah yang sangat banyak memberi kesulitan dalam mencari halaman tertentu. Untuk memecahkan masalah tersebut, dibuatlah program untuk memudahkan kita mencari halaman di internet. Program tesebut dikenal dengan nama mesin pencari atau search engine.
Mesin pencari adalah sebuah program yang digunakan sebagai alat bantu untuk mencari informasi di internet. Mesin pencari mempunyai sebuah database yang memuat semua item yang terdapat di internet dan halaman-halaman web yang menyimpan informasi yang berhubungan dengan item-item tersebut. Mesin pencari mempunyai metode pencarian tertentu yang sering disebut alogaritma pencarian. Kecepatan dan ketepatan pencarian sebuah mesin pencari sangat tergantung kepada cara pengindex-an dan alogaritma pencarian yang digunakan.
Umumnya, struktur dasar sebuah mesin pencari adalh sebagai berikut:
kotak teks pencarian digunakan sebagai tempat untuk memasukan kata kunci yang akan dijadikan sebagai acuan pencarian
tombol pencarian utuk menjalankan perintah pencarian. Informasi di internet setiap saat akan terus berubah dan bertambah.
Oleh karena itu sebuah mesin pencari harus terus memperbaharui database yang dimilikinya. Untuk melakukan hal ini mesin pencari dilengkapi sebuah program yang berjalan seperti robot. Disebut robot karena dia dapat bekerja sendiri tanpa harus dijalankan atau diperintahkan terlebih dahulu.program tersebut disebut dengan spider, bot, atau crawler. Setiap selang waktu tertentu, program “robot”tersebut akan menjelajahi intrnet, membaca dokumen-dokumen yang ada di internet, meringkasnya, dan kemiudia menyimpan di database dengan menggunakan system pengindex-an.

Ada beberapa kriteria yang bisa dgunakan untuk menentukan sebuah mesin pencari yang bagus dan handal, yaitu :

mempunyai database yang besar dan sering diperbaharui.

tidak memiliki spam dan memberikan hasil pencarian yang relevan.

mempunyai kecerdasan buatan yang baik, sehigga mengerti dan dapat memperkirakan apa yang dicari oleh penggunanya.

Selain itu kita perlu mengetahui cara kerja mesin pencari yang digunakan, sehingga kita bisa mengeksploitasi kelebihan mesin pencari tersebut. Saat ini ada banyak website yang menyediakan mesin pencari. Berikut adalah beberapa search engine / mesin pencari yang terkenal dan banyak digunakan oleh orang diseluruh dunia.

Sumber :
https://rizkavirgiliaputri.wordpress.com/2015/05/15/searcing-engine/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar