Web dan Perilaku Pengguna
Interaksi Manusia dan Komputer (IMK) atau yang
sering disebut dengan Human Computer Interaction (HCI) merupakan sebuah studi
yang mempelajari tentang manusia, teknologi, dan bagaimana mereka saling
berinteraksi. HCI merupakan hubungan antara manusia dengan komputer baik itu
secara langsung mau pun tidak langsung. Human yang dimaksud di sini adalah
seseorang atau organisasi yang terdiri dari banyak orang yang bekerja secara
bersama-sama untuk tujuan atau visi tertentu. Sedangkan computer merupakan
sebuah alat atau pun device seperti desktop, PC, mobile, smartphone, dan lain
sebagainya yang juga bisa digunakan untuk berkomunikasi, untuk browsing
internet, untuk membuat program, untuk bermain game, atau pun hal-hal lain yang
bisa dilakukan oleh manusia dan mendukung kegiatan manusia tersebut. Sedangkan
interaction merupakan sebuah hubungan timbal balik atau komunikasi antar
komputer dan manusia baik secara langsung mau pun tidak langsung dan hubungan
ini memiliki manfaat yang lebih bagi manusia itu sendiri.
Namun kali ini yang akan dibahas adalah perilaku
pengguna dan web, dimana web merupakan salah satu hasil dari interaksi antara
manusia dengan komputer yang sangat bermanfaat dan sedang berkembang sangat
pesat saat ini.
1.
Perilaku navigasi
Ada dua tipe navigasi. Yang pertama adalah
yang standar, yang memberikan overview dan peta penjelajahan situs.
Biasanya bisa ditemukan secara konsisten baik di bagian atas, samping atau
footer. Yang kedua adalah navigasi versi advance. Jenis
ini masih bertujuan memberikan alat untuk menelusuri situs, namun dengan cara
lebih spesifik. Misal lewat kategori, pengarang, produsen, range harga,
dan lain lain. Navigasi semacam ini sebenarnya mirip dengan fitur search namun
sudah diberi antar muka yang lebih intuitif.
2.
Perliaku pencarian
Fitur pencarian di dalam sebuah telah di desain
sedemikian rupa dengan batasan-batasan tertentu. Ketika situs Anda tumbuh
tentunya Anda akan semakin tahu pola pemakaian oleh pengguna. Termasuk di
dalamnya adalah pola pencarian dalam rangka mendapatkan pengalaman terbaik
dalam pemanfaatan situs.
3.
Rekomendasi Web
Web recomendation atau rekomendasi web merupakan
layanan web yang merekomendasikan atau menyarankan beberapa saran kepada
pengguna yang membutuhkan suatu informasi tertentu.
4. Web
Merefleksikan Perilaku Sosial
Web pun dapat merefleksikan perilaki sosial
masyarakatnya, dengan adanya alat pengukur banyaknya orang/ IP address yang
mengakses web tersebut dapat menunjukkan bahwa web tersebut menarik perhatian
masyarakat dan pastinya akan mempengaruhi sikap sosial seaeoramg contohnya
seseorang yang sering mengakses situs belanja online akan mempunyai gaya hidup
yang boros karena tergiur oleh harga yang lebih murah daripada conter ataupun
diskon-diskon yang ada. berita online biasanya lebih cepat atau up to date
dalam menyampaikan berita terbaru. Masyarakat/pembaca yang membuka web berita
itu pun lebih cepat untuk mengetahui peristiwa yang baru terjadi.
5. Web
Mempengaruhi Perilaku Sosial
Web sebagai salah satu bentuk teknologi dan
informasi yang sangat populer di masyarakat menjadi salah satu pemicu yang
mempengaruhi perilaku sosial masyarakat. ada 2 dampak yang dimbulkan yaitu :
1. Dampak
positif :
·
lebih
cepat dan mudah dalam meyelesaikan pekerjaan dalam hal ini berarti membantu
pekerjaan manusia
·
dapat
berkomunikasi dengan baik tidak peduli jarak dan waktu sehingga membuat manusia
saling berinteraksi dengan mudah
·
mudah
mencari informasi serta berbelanja online pun dapat dilakuka
2. Dampak
negatif :
·
munculnya
banyak penipu yang memanfaatkan internet
·
adanya
plagiatisme
·
munculnya
pencurian/hack
·
munculnya
banyak konyen-konten dewasa yang seharusnya tidak dilihat anak kecil dapat
merusak mental
·
bahaya
kesehatan akibat radiasi yang ditimbulkan oleh komputer itu sendiri
Sumber :
Tidak ada komentar:
Posting Komentar