MODEL RETORIKA DI WEB
Retorika berarti
mempunyai keinginan untuk berbicara baik secara umum maupun khusus, yang dapat
dilakukan dalam beberapa kelompok untuk mencapai suatu tujuan tertentu (
misalnya memberikan informasi data atau memberikan informasi). Oleh karena itu
pembicaraan adalah suatu kemampuan khusus manusia. Untuk menyampaikan jalan
pikirannya kepada orang lain.
Aristoteles
mendefinisikan retorika sebagai “kemampuan untuk melihat atau mengidentifikasi
dalam keadaan tertentu sarana yang tersedia persuasi.” Menganalisis retorika
berfokus pada “bagaimana” dan “mengapa” persuasi daripada apa hal-hal tertentu
orang katakan atau tulis agar persuasif . Salah satu cara komponen strategi
retoris adalah dengan menggunakan Segitiga Retoris. Model ini menempatkan ke
dalam kerangka umum interaksi antara berbagai aktor dan perangkat dalam
persuasi. Tiga Banding retorik adalah strategi utama yang digunakan untuk
membujuk penonton/audience dan juga perangkat penting untuk memahami ketika
membangun atau mendekonstruksi argumen. Retorika adalah sebuah seni
berkomunikasi efektif dengan wicara. Retorika merujuk pada suatu teknik
pemakaian bahasa sebagai seni, yang didasarkan pada suatu pengetahuan yang
tersusun baik.
Segitiga retoris
memungkinkan Anda untuk secara efektif menganalisis teks yang berbeda sebuah
argumen untuk strategi retoris dan perangkat. Model ini membentuk proses
retoris menjadi bagian-bagian dikelola dan berbeda melalui Segitiga Retoris dan
Tiga Banding Retoris:
Segitiga retoris
terdiri dari tiga komponen yang hadir dalam setiap proses persuasif:
Penulis:
orang yang menghasilkan teks.
Pemirsa:
orang / orang yang menerima / teks.
Teks:
pesan yang disampaikan dari penulis untuk penonton
Banding retoris: tiga
jalan utama dimana orang dibujuk.
Logos: Strategi
alasan, logika, atau fakta. Setiap jenis argumen yang menarik bagi sisi
rasional seseorang adalah menarik untuk logo.
Ethos: ”
Karakter” Banding ke etos Strategi kredibilitas, wewenang, atau menunjukkan
penulis kepercayaan, keahlian dan kejujuran dan berusaha untuk menempatkan
penulis dalam cahaya yang lebih positif untuk penonton.
Pathos: Strategi
emosi dan mempengaruhi. Pathos menarik bagi rasa audiens kemarahan, kesedihan,
atau kegembiraan.
Aristoteles berpendapat
bahwa logos adalah bentuk terkuat dan paling dapat diandalkan dari persuasi,
bentuk yang paling efektif persuasi, bagaimanapun, menggunakan ketiga banding.
Ethos pada halaman web
merupakan identitas dari web tersebut yang disajikan oleh penulis atau pembuat
web sebagai situs buatannya. dapat berupa warna, lambang dan ciri khas lainnya.
Sumber :
Tidak ada komentar:
Posting Komentar