Rabu, 23 Maret 2016

Arsitektur Web

 Arsitektur Website adalah suatu pendekatan terhadap desain dan perencanaan situs yang, seperti arsitektur itu sendiri, melibatkan teknis, kriteria estetis dan fungsional. Seperti dalam arsitektur tradisional, fokusnya adalah benar pada pengguna dan kebutuhan pengguna. Hal ini memerlukan perhatian khusus pada konten web, rencana bisnis, kegunaan, desain interaksi, informasi dan desain arsitektur web. Untuk optimasi mesin pencari yang efektif perlu memiliki apresiasi tentang bagaimana sebuah situs Web terkait dengan World Wide Web.
Beberapa aplikasi utama pada arsitetur web :
1.      Web Server merupakan sebuah perangkat lunak yang bertugas menerima permintaan client melalui port HTTP maupun HTTPS dan merubah isi yang ada ke dalam format HTML. Terdapat beberapa format selain HTML yaitu PHP atau ASP, tetapi format – format tersebut hanyalah berfungsi untuk menghubungkan HTML dengan database. Web server saat ini di dominasi oleh Apache yang berbasiskan open source dan sudah sangat mudah untuk diinstall. Banyak aplikasi yang sudah menggabungkan Apache dengan modul – modul lain seperti PHP dan Mysql, baik itu yang berbasiskan Windows maupun Linux. Aplikasi gabungan itu antara lain adalah XAMPP.
2.      HTML (Hyper Text Markup Language) HTML yang merupakan singkatan dari Hyper Text Markup Language adalah serangkaian kode program yang merupakan dasar dari representasi visual sebuah halaman Web. Didalamnya berisi kumpulan informasi yang disimpan dalam tag-tag tertentu, dimana tag-tag tersebut digunakan untuk melakukan format terhadap informasi yang dimaksud. Berbagai pengembangan telah dilakukan terhadap kode HTML dan telah melahirkan teknologi-teknologi baru di dalam dunia pemrograman web. Kendati demikian, sampai sekarang HTML tetap berdiri kokoh sebagai dasar dari bahasa web seperti PHP, ASP, JSP dan lainnya. Bahkan secara umum, mayoritas situs web yang ada di Internet pun masih tetap menggunakan HTML sebagai teknologi utama mereka.
3.      HTTP ( HyperText Transfer Protocol )

HTTP merupakan aturan – aturan yang digunakan untuk mengirimkan berkas atau lainnya ( hypermedia ) melalui World Wide Web. Berkas yang di kirimkan dapat berupa text, hypertext, portable document format , image bahkan audio dan video streaming.

Versi pertama  dari HTTP ( HTTP / 0.9 ) merupakan protocol sederhana pertama yang digunakan untuk mengirimkan berkas melalui internet. Pada versi selanjutnya ( HTTP / 1.0 ), protocol ini menyertakan metainfromasi tentang pengiriman pada proses permintaan dan tanggapan permintaan paket data. Versi terakhir adalah HTTP / 1.1 yang dikembangkan dengan berbagai macam fitur terbaru seperti penggunaan koneksi persistensi yang dapat menghemat penggunaan memori computer server.
4.      Browser adalah adalah sebuah software atau program yang digunakan untuk menjelajah internet dalam konteks komputer menurut saya. Menjelajah ini termasuk melintasi, mengambil, dan menyajikan informasi di Internet atau World Wide Web. Informasi dari internet ini bisa merupakan sebuah halaman web, gambar, video, atau
bagian lain dari konten website di internet. Jadi fungsi browser adalah untuk menampilkan informasi kepada pengguna internet.

Daftar Pustaka :

1.      Manduro,Aman Budi. Jurnal ilmiah Universitas Gunadarma : “PENGEMBANGAN SISTEM INFORMASI LAPAS NARKOBA UNTUK MENUNJANG PENGUNGKAPAN KASUS NARKOBA DI LEMBAGA PEMASYARAKATAN PADA PUSLITBANG DAN INFO BADAN NARKOTIKA NASIONAL”
2.      Constantianus, Frederick dan Bernard Renaldy Suteja. Desember 2005. Jurnal Informatika UKM Vol. 1 No.2 : “ Analisa dan desain bimbingan Tugas Akhir Berbasis web dengan studi kasus Fakultas Teknologi Informasi”.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar