Rabu, 23 Maret 2016

File Transfer Protocol ( FTP )

1.      File Transfer Protocol ( FTP )
FTP merupakan sumber daya yang paling banyak digunakan di Internet. Sebagai tool dasar , FTP dapat digunakan untuk menyalin file dari satu computer di Internet ke lainnya. Software FTP dibagi menjadi 2 bagian : satu bagian di jalankan pada computer yang berisi file ( server FTP ) dan bagian lain di computer yang meminta file ( computer client ).
File Transfer Protocol (FTP) adalah salah satu layanan internet untuk melakukan transfer file. Proses melakukan transfer file dari komputer ke server (file server) disebut dengan istilah unggah (upload). File yang sudah berada di file server, dapat diambil oleh orang lain untuk disimpan di komputer (pc). Proses mengambil file dari file server disebut dengan unduh (download).
Tujuan dari FTP server adalah sebagai berikut :
·         Untuk tujuan sharing data
·         Untuk menyediakan indirect atau implicit remote computer
·         Untuk menyediakan tempat penyimpanan bagi user
·         Untuk menyediakan transfer data yang reliable dan efisien
Fungsi FTP server adalah menjalankan perangkat lunak yang digunakan untuk pertukaran file atau dalam istilah asing file exchange, yang selalu siap memberikan layanan FTP apabila mendapat request atau permintaan dari FTP client. FTP client adalah komputer yang meminta koneksi ke FTP server untuk tujuan tukar menukar file (upload dan download file).

Daftar Pustaka :
1.      Riska,dkk.2013. ejournal sosiatri vol.1 No.4 : “studi tentang penggunaan internet oleh pelajar “.
2.      Andika Dan Firdaus.”Perbandingan Kinerja Virtual XEN dan KVM “. http://news.palcomtech.com/wp-content/uploads/Jurnal_AndikaFirdaus_PerbandinganKerjaVirtual.pdf . diakses pada tanggal 23 Maret 2016
            3.   Browne, Steve.1995. “ The Internet Via Mosaic and World-Wide Web.Jakarta: PT Elex                       Media Komputindo

Tidak ada komentar:

Posting Komentar