Rabu, 23 Maret 2016

HTTP dan HTTPS

1.      HTTP ( HyperText Transfer Protocol )

HTTP merupakan aturan – aturan yang digunakan untuk mengirimkan berkas atau lainnya ( hypermedia ) melalui World Wide Web. Berkas yang di kirimkan dapat berupa text, hypertext, portable document format , image bahkan audio dan video streaming.

Versi pertama  dari HTTP ( HTTP / 0.9 ) merupakan protocol sederhana pertama yang digunakan untuk mengirimkan berkas melalui internet. Pada versi selanjutnya ( HTTP / 1.0 ), protocol ini menyertakan metainfromasi tentang pengiriman pada proses permintaan dan tanggapan permintaan paket data. Versi terakhir adalah HTTP / 1.1 yang dikembangkan dengan berbagai macam fitur terbaru seperti penggunaan koneksi persistensi yang dapat menghemat penggunaan memori computer server.

HTTPS ( Hypertext Transfer Protocol Secure )
Hypertext Transfer Protocol Secure (HTTPS) memiliki pengertian yang sama dengan HTTP hanya saja HTTPS memiliki kelebihan fungsi di bidang keamanan (secure). Pada umumya port yang digunakan HTTPS adalah port 443.
Data HTTP
a.                   Jenis Data
Data yang dikirimkan melalui HTTP dapat berupa permintaan dari klien kepada server dan tanggapan dari server terhadap permintaan klien.
Format :
Baris permintaan = metode SP URL SP protocol CRLF

b.                   Header Data
Pada header data disisipkan beberapa informasi tentang pengiriman permintaan atau tanggapan yang berupa header umum, header permintaan, header tanggapan, dan entitas header. Masing-masing memiliki nama header yang diikuti tanda “:” dan isi header tersebut. Nama headernya harus case-sensitive, sedangkan isinya tergantung pada kebutuhan.
Format :
Header = nama-header: isi-header CRLF

c.                   Badan Data
Badan data digunakan untuk membawa entitas data yang disertakan bersama permintaan atau tanggapan.
Format :
Badan-data = entity-data | entity-data (decode)


Daftar Pustaka :

1.             Iman,Erik Dan Yusuf N. Mambrasar. 2008. “ Membuat Aplikasi Web Server dengan Winsock “. Yogyakarta : Penerbit Andi.
2.             Rosmala, Dewi, danRandy  Adityawarman.SaranaPromosi Web DenganTeknik Re-engineering (Manipulasi) Web Traffic Menggunakan Browser Lynx.http://www.slideshare.net/randyadityawarman/jurnal-riset-152008098. Diakses pada tanggal 23 Maret 2016

3.             Karina, Sari. 2015.JaringanKomputer 2 (Perbedaan http dan https)http://karin.student.akademitelkom.ac.id/wp-content/uploads/kalins-pdf/singles/jaringan-komputer-2-perbedaan-http-dan-https.pdf . Diakses pada  tanggal 23 Maret 2016.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar